Lowongan Kerja OJK, Program PCS dan PCT, Berikut Syarat Pendaftaran

by

SURABAYA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membuka kesempatan karier dengan lowongan pekerjaan melalui dua program, yaitu Pendidikan Calon Staf (PCS) Angkatan 8 dan Pendidikan Calon Pegawai Tata Usaha (PCT) Angkatan 2. Lowongan ini dimulai pada 3 Desember 2024.

Pendaftaran untuk program PCS dapat dilakukan melalui situs resmi OJK mulai pukul 08.00 WIB. PCS bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pegawai di OJK dengan merekrut kandidat dari lulusan S1, S2, dan S3, baik dari perguruan tinggi dalam maupun luar negeri.

Peserta yang terpilih akan mengikuti serangkaian kegiatan yang diselenggarakan di lingkungan OJK. Untuk mengikuti program ini, usia maksimal pendaftar adalah 29 tahun untuk lulusan DIV/S1 dan 33 tahun untuk lulusan S2/S3.

Sementara itu, PCT bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pegawai dari sumber eksternal untuk SDM OJK. Program ini terbuka bagi lulusan D3, yang nantinya akan mengikuti serangkaian kegiatan PCT di ruang lingkup OJK. Batas usia pendaftar untuk program PCT adalah 27 tahun.

Bagi yang tertarik, pendaftaran untuk kedua program tersebut dapat dilakukan melalui situs resmi OJK.

Loker OJK Desember 2024
Berikut penjelasan mengenai persyaratan umum, tata cara pendaftaran, periode mendaftar hingga kriteria jurusan pendaftar untuk masing-masing PCS dan PCT. Simak informasi loker OJK Desember 2024 seperti dirangkum laman OJK di bawah ini.

1. Persyaratan Umum
– Warga Indonesia.
– Sehat jasmani dan rohani.
– Tidak pernah terlibat atau tidak sedang dalam proses pengadikan atau proses hukum.
– Tidak mempunyai orang tua, mertua, anak, saudara kandung, dan/atau suami/istri yang bekerja sebagai Pegawai, Calon Pegawai, atau Tenaga Kerja PKWT di OJK.
– Bersedia menandatangani surat perjanjian ikatan dinas dengan OJK.
– Bersedia mematuhi setiap aturan dan tata tertib yang berlaku di Otoritas Jasa Keuangan.
– Bersedia mengundurkan diri dan melepas ikatan dinas di instansi/lembaga/perusahaan sebelumnya, dalam hal diterima menjadi calon pegawai OJK.
– Bersedia tidak hamil selama proses rekrutmen dan masa pendidikan (khusus wanita).
– Bersedia ditempatkan di seluruh kantor Otoritas Jasa Keuangan baik di pusat maupun daerah.
– Diutamakan memiliki prestasi nasional/internasional dan pengalaman berorganisasi di kampus atau sosial kemasyarakatan.
– Jurusan untuk pendaftar PCS 8 sebagai berikut.
• Ekonomi/Keuangan (termasuk syariah)
• Akuntansi, Perpajakan
• Manajemen/Bisnis/Administrasi, Agribisnis
• Hukum, Statistik, Matematika, Aktuaria
• Informatika/Ilmu Komputer/Sistem Informasi
• Data Science/Analytics, Komunikasi
•.Hubungan Internasional, Psikologi, Fisika
• Kimia dan seluruh program studi teknik


– Jurusan untuk pendaftar PCT 2 sebagai berikut.
• Ekonomi/Keuangan (termasuk syariah)
• Akuntansi, Perpajakan
• Manajemen/Bisnis/Administrasi
• Informatika/Ilmu Komputer/Sistem Informasi, dan seluruh program studi teknik

Baca Juga:  OJK Aceh Ingatkan Sektor Perbankan Perkuat Modal untuk Hadapi Ketidak Pastian Ekonomi Gobal

2. Tata Cara Pendaftaran
– Pelamar dapat melamar melalui media yang akan diinformasikan melalui situs ini pada hari pendaftaran.
– Pelamar wajib memiliki alamat email pribadi dan nomor telepon seluler yang masih aktif untuk dapat mengikuti proses seleksi ini.
– Pelamar dilarang menggunakan alamat email milik orang lain dalam proses pendaftaran.
– Tidak ada media lain yang digunakan untuk pengiriman lamaran.
– Tidak ada layanan untuk perubahan/koreksi seluruh data-data serta dokumen yang telah dikirim oleh pelamar.

3. Dokumen yang Wajib Disiapkan Pelamar
– Scan pas Foto dengan latar berwarna merah dengan ketentuan sebagai berikut.
• Laki-laki: kemeja putih, tanpa jas, dasi merah marun.
• Perempuan: kemeja putih, bagi yang berhijab menggunakan hijab merah marun.
• Scan identitas diri (KTP) asli – wajib.
• Scan ijazah asli D-IV/S1/S2/S3 (bagi PCS 8) dan D-III (bagi PCT 2).
•.Curriculum Vitae (CV) terbaru.
• Scan SKCK asli yang masih berlaku dan dikeluarkan minimal setingkat Polres.
• Scan transkrip nilai asli S2/S3 jika pendidikan terakhir S2/S3 untuk PCS 8.
• Scan sertifikat kemampuan bahasa Inggris (opsional).
• Scan surat pengalaman bekerja (opsional).

4. Jadwal Pendaftaran
Pelamar dapat melakukan registrasi dan pendaftaran secara online tanggal 3-8 Desember 2024. Pendaftaran lowongan pekerjaan OJK itu dibuka pada 3 Desember 2024 pukul 08.00 WIB. Untuk sementara waktu, penutupan pendaftaran akan dilakukan pada tanggal 8 Desember 2024 pukul 23.59 WIB.

Sebagai informasi, OJK menekankan instansinya tidak pernah bekerja sama dengan bimbingan belajar mana pun untuk melakukan persiapan seleksi masuk kerja. Perlu diingat agar selalu berhati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan OJK.

OJK mengadakan rekrutmen ini tidak dipungut biaya atau gratis, informasi resmi hanya melalui media sosial resmi OJK dan melalui website www.ojk.go.id. Jadi, pastikan selalu meng-update informasi melalui laman resminya.

Baca Juga:  Mulai dari Sabang Aceh, BMKG peringatkan gelombang tinggi di sejumlah perairan Indonesia

Di lansir detikjatim,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *