Merek China jadi Raja Baru Dunia, Geser Apple dan Samsung

by
Foto Consumer.Huawe.com

BANDA ACEH — Penanews.co.id — Untuk permana kalinya Huawei berhasil menggeser dominasi Apple di pasar jam tangan pintar global pada kuartal kedua 2025. Berdasarkan laporan dari Counterpoint Research, pengiriman smartwatch Huawei mengalami lonjakan tajam sebesar 52% dibandingkan tahun sebelumnya — menjadi yang tertinggi di antara merek-merek terkemuka dunia.

Lonjakan tersebut tidak hanya memperkuat posisi Huawei di pasar, tetapi juga turut menghidupkan kembali industri smartwatch global yang sebelumnya mengalami penurunan selama lima kuartal berturut-turut sejak awal 2024. Secara keseluruhan, pasar smartwatch mencatat pertumbuhan tahunan sebesar 8% year-on-year (YoY) pada Q2 2025.

Huawei kini memegang pangsa pasar sebesar 21% secara global, naik signifikan dari 15% pada periode yang sama tahun lalu.

Sebaliknya, Apple yang semula memimpin dengan 19% pangsa pasar di Q2 2024, turun menjadi 17% di Q2 2025, setelah pengiriman globalnya terkoreksi 3% YoY. Samsung juga mengalami penurunan 3% dari tahun-ke-tahun dengan pangsa pasar turun dari 7% menjadi 6%.

Sementara itu, dua pemain asal China lainnya turut mencatat pertumbuhan signifikan. Xiaomi naik 38% YoY dengan pangsa pasar tumbuh dari 7% menjadi 9%, sedangkan Imoo mencatatkan kenaikan 21% YoY dan mempertahankan pangsa pasar 7%.

Counterpoint menyebut, lonjakan Huawei ditopang portofolio produk yang beragam, harga kompetitif di segmen menengah hingga premium, serta basis pengguna yang kuat di Tiongkok. Lebih dari tiga perempat pengiriman Huawei terkonsentrasi di pasar domestik, dengan kisaran harga produk antara US$100-400. Selain itu, Huawei secara perlahan memperluas pasar ke Eropa, Timur Tengah & Afrika, serta Asia Pasifik.

“Basis pengguna smartphone Huawei yang terus berkembang di China, ditambah strategi ekosistem terintegrasi, berperan besar dalam mendorong pertumbuhan ini,” ujar Anshika Jain, Senior Research Analyst di Counterpoint.

Paruh kedua 2025 akan menjadi penentu, jika generasi terbaru Apple Watch dan Samsung Galaxy Watch menghadirkan lompatan fitur yang jelas, keduanya bisa kembali menguat. Namun untuk saat ini, merek-merek asa;l China bergerak lebih cepat dalam skala, keterjangkauan, dan integrasi, sehingga memposisikan diri sebagai penantang global.

“Pasar kini memasuki siklus inovasi baru, di mana kesehatan dan AI akan menjadi pembeda utama dalam jangka panjang,” jelas David Naranjo, Associate Director di Counterpoint.

Sumber CNBC Indonesia

ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *