Pensiunan Wajib Tau, Begini Cara Agar Tidak Terkendala Ketika Autentikasi TASPEN!

by -30 Views

BANDA ACEH — Tanggal 1 setiap bulannya adalah tanggal yang ditunggu-tunggu oleh sebagian besar Pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN). Namun ada sebagian dari ASN sedikit merasa kecewa ditanggal 1 itu, karena sulitnya melakukan Autentifikasi.

Mengutip laman resmi PT TASPEN(Persero), Autentikasi ini penting dilakukan sebagai bentuk verifikasi  data guna menjamin keberlanjutan pembayaran manfaat pensiun. 

PT TASPEN(Persero),  terus  berkomitmen untuk  memastikan  seluruh  peserta, khususnya para pensiunan  ASN, dapat melakukan proses autentikasi secara mudah,  aman, dan nyaman.

Bagi pensiunan yang tidak melakukan Autentikasi,  pembayaran uang pensiun akan distop sementara sejak  3 (tiga) bulan dari waktu Autentikasi. 

Peserta tidak perlu cemas, TASPEN telah menyiapkan sejumlah solusi cepat dan praktis serta memperkuat koordinasi antara kantor bayar (Pos/Bank) dan Kantor Cabang TASPEN.

Berikut langkah langkah yang dapat dilakukan untuk  memastikan proses  autentikasi berjalan lancar:

  1. Lakukan Autentikasi di luar jam sibuk, terutama  hindari pagi hari pada tanggal 1 setiap bulan karena tingginya trafik sistem.
  2. Pastikan pencahayaan dan koneksi internet memadai.
  3. Jika Autentikasi dilakukan di kantor bayar (Bank/Pos) dan mengalami kendala, peserta cukup meminta bantuan petugas setempat.
  4. Untuk pelaporan terkait Autentikasi yang belum lengkap, cukup hubungi Kantor Bayar (Pos/Bank) terdekat.

Corporate Secretary TASPEN, Henra, menyampaikan  bahwa  perusahaan telah memprioritaskan kemudahan  layanan digital ini untuk menjawab kebutuhan peserta. 

“Kami memahami tantangan yang dihadapi pensiunan, karena itu sistem Autentikasi terus kami sempurnakan agar bisa dilakukan dari mana saja. Peserta juga tidak perlu khawatir karena petugas kami siap membantu kapan pun dibutuhkan,” jelas Henra.

Sejalan  dengan  upaya  tersebut,  peserta  pun merasakan manfaat  dari kemudahan  proses  ini.

Yuni, pensiunan guru dari Yogyakarta, membagikan  pengalamannya, “Saya sempat gagal karena cahaya kurang terang. Setelah saya pindah ke ruangan yang lebih terang dan sinyal bagus, proses autentikasi langsung berhasil,” ujar Ibu Yuni.

Mendukung langkah  tersebut,  Menteri  BUMN  Erick Thohir  turut mendorong seluruh BUMN untuk memperkuat transformasi layanan digital yang berpihak kepada masyarakat.

“BUMN harus hadir  bukan hanya sebagai penyedia  layanan, tetapi juga sebagai  solusi atas kebutuhan  rakyat. TASPEN sudah berada di jalur yang tepat dalam  mendigitalisasi layanan bagi para pensiunan,” ungkap Erick Thohir.

Waspadai Penipuan yang Mengatasnamakan TASPEN

TASPEN kembali mengingatkan bahwa seluruh layanan bersifat GRATIS. Masyarakat diminta waspada terhadap informasi palsu yang mengatasnamakan TASPEN, khususnya melalui pesan instan seperti WhatsApp. TASPEN tidak pernah meminta informasi pribadi atau dana melalui media komunikasi tidak resmi.

Jika ragu, peserta dapat melakukan verifikasi melalui kanal resmi berikut:

•   Media sosial resmi: @taspen

•   Call Center: 1500 919

•   Kantor Cabang TASPEN terdekat

•   Layanan pengaduan: tcare.taspen.co.id

•   Email: tanya.taspen@taspen.co.id

Langkah-langkah ini penting untuk memastikan keamanan data peserta dan mendukung pengalaman layanan yang lancar, baik dalam autentikasi berkala, pengajuan klaim, maupun layanan kepesertaan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *